it's about anything. too many to mention...

Friday, January 2, 2009




Terkenal sebagai Gus Dur, Yang Mulia Kyai Haji Abdurrahman Wahid, adalah presidan pertama Indonesia yang terpilih secara demokratik dan paling lama menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, organisasi Muslim terbesar di dunia, dengan anggota hampir 40 juta orang. Beliau juga penerima the 2003 Freinds of the United Nations Global Tolerance Award. 
Selama lebih dari tiga puluh tahun, Gus Dur telah menggunakan posisinya untuk memperjuangkan toleransi, pluralisme agama dan demokrasi. Dalam banyak kesempatan, beliau telah mengirimkan para anggota Nahdlatul Ulama untuk membela gereja-gereja dan ulama Kristian-mempertaruhkan jiwa mereka-jika perlu, oleh serangan dari puak radikal.
Foto-foto di atas ini menunjukkan perhimpunan lebih dari 10, 000 umat Kristian Indonesia yang berdoa untuk pemimpin Muslim yang kuat ini, yang telah mengabdikan hidupnya hak setiap orang untuk menyembah Tuhan sesuai dengan cara masing-masing.
Dalam menyapa para pengikutnya, Gus Dur selalu mengingatkan mereka atas kewajiban sucinya untuk menghormati keyakinan orang lain dan menghindari bentuk diskriminasi atau toleransi apa pun terhadap mereka yang beribadah secara berbeza dari diri mereka.
-LibForAll Organization

0 comments: